Packing ala Backpacker

Ini ransel saya merek Targus buatan USA, gambarnya diambil dari situs resmi tokonya, yang asli udah mulai buluk. 
Hi, akhirnya saya ada kemauan buat nulis blog ini lagi. Udah setahun lebih dari waktu backpacker luar biasa saya ke 3 negara (Thailand, Malaysia, Singapore), sekarang saya mau berbagi isi ransel selama ke 3 negara itu. Bukan berbagi secara ril yah, hehe... Tetapi berbagi hal apa aja yang saya bawa dan persiapkan sebelum berangkat. Sebenernya sih telat, harusnya ini saya share sebelum saya share petualangan saya, tapi lebih baik terlambat kan dari pada gak sama skali....

Penting sekali pastinya kita membuat packing list jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, 4 hal utama yang harus diperhatikan seputar barang bawaan dan pakaian saat packing yaitu:
1. Sesuaikan dengan cuaca di lokasi,
2. Perhatikan peraturan di tempat yang akan kita kunjungi,
3. Perhatikan peraturan maskapai yang kita pakai, dan
4. Sesuaikan pula dengan budaya masyarakat setempat.

Caranya mengetahui 4 aspek di atas tentunya sudah jelas bahwa kita harus sebanyak-banyaknya searching seputar lokasi tujuan, traveling dadakan boleh aja tapi gak nekat juga gak tau medan sama sekali apa lagi sama sekali belum pernah kesana.

Tips packing penting lainnya yang saya ringkas dari beberapa buku panduan wisata karya mas Hairun Fahrudin (penulis Backpacking Thailand) dan mbak Trinity (penulis The naked Traveler) adalah, JANGAN MEPET. Lakukan packing selambat-lambatnya 3 atau 4 hari sebelum keberangkatan, lebih bagus lagi sebelum seminggu hari H biar kalo ada yang kurang atau perubahan lainnya bisa segera disesuaikan dengan kebutuhan. 

Coba kita bayangin kalo packing sehari sebelum jalan, eh ternyata kita gak sadar kalo gak punya sweeter tebal padahal mau main salju di Eropa, mau beli udah gak sempet, mau pinjem tapi gak ada teman atau keluarga yang punya, apa gak bikin pusing dan merusak suasana? Gak mungkin juga kita nekat pake jaket ala kadarnya. Standard dingin di Indonesia jelas berbeda jauh dengan dingin di Eropa yang bisa di bawah 10*C bahkan minus. Misalnya gitu, jadi kan kalo jauh-jauh hari sudah packing kan kita jadi bisa prediksi apa yang kita butuhkan.

Sebelum mulai packing, pastikan juga kita sudah memiliki ransel maupun tas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Pastinya selain bakal muat dengan bawaan kita, ransel yang di gunakan juga harus nyaman. Untuk yang suka pakai ransel ala backpacker untuk liburannya, bisa cek tips di sini untuk menentukan seperti apa ransel yang pas dengan kita. Gak harus ransel gunung atau tas carrier kok, kita bukan mau hiking. Intinya multifungsi dan bisa dibawa kemana aja.

Ok, berikut bawaan saya selama 9 hari backpacking ke Thailand:
1. Ransel/backpack ukuran 35L (kasih gembok kecil & name tag)
- 3 t-shirt
- 1 kemeja
- 1 celana cargo (yg bagian bawah bisa dilepas biar jadi celana pendek)
- 1 celana pendek
- 7 daleman sekali pake buang (disposal underware)
- 1 pasang sendal santai
- 1 handuk kecil
- 1 handuk muka
- Copy dokumen (Passport, KTP, Ticket PP)
- 1 bungkus abon sapi 250gram

2. Toiletries (tempatkan di wadah bening/plasik dengan penutup zipper, masukkan ke dalam ransel, semua botolnya harus ukuran mini kurang dari 100ml)
- Shampoo
- Hair gel
- Facial foam
- Facial cream
- Lip balm
- Tooth brush
- Tooth paste
- Body wash
- Body lotion
- Perfume

3. P3K (masukkan kantong kecil warna terang, taruh di ransel di sudut yang mudah dijangkau/dilihat)
- 1 strip obat sakit kepala
- 2 strip obat diare
- 2 strip obat masuk angin
- 9 butir pil Vitamin C
- Krim pegal-pegal
- 1 bungkus permen jahe

4. Tas selempang kecil (untuk dipakai harian dan membawa barang-barang utama)
- Original Document (passport, ticket PP, itinerary)
- Charger HP
- Power bank + charger
- Camera digital + charger
- Triple plug
- Earphone
- USB
- Key BCA (untuk transaksi internet banking)
- Small note pad + ballpoint
- Buku panduan wisata
- Buku bacaan umum
- Al Matsurat (buku saku dzikir pagi & sore)
- Botol air minum
- 1 pack tissue kering ukuran sedang
- 1 pack tissue basah ukuran kecil
- 1 botol kecil antiseptic pencuci tangan
- Kaca mata hitam

5. Yang nempel di badan
- T-shirt
- Jacket
- Sorban (multi fungsi bisa untuk syal dan sajadah)
- Underware
- Jeans panjang
- Sepatu warna abu-abu jenis vans
- Kaos kaki
- Sapu tangan
- Dompet

6. Lain-lain (selipin di kantong ransel yang kosong)
- Beberapa Karet gelang
- 4 Plastik bersih ukuran sedang

Nah, itu list lengkap bawaan saya selama 9 hari backpacking Thailand. Keliatannya banyak banget kan, tapi kalo kita pinter packingnya itu semua muat kok masuk ransel. Jadi bisa hemat bebas biaya bagasi pesawat karena bisa di bawa ke cabin dan beratnya gak sampe 7kg. Untuk semua yang berbahan kain silahkan digulung, bukan dilipat untuk menghindari lecek dan makan tempat. Contohnya silahkan cek di sini.

Oia itu juga penting tuh, ukuran tas yang boleh dibawa ke cabin rata-rata hanya 7kg, perhatikan juga barang yang kita bawa jangan terlalu tebal atau berat, kalo bisa ditimbang total tasnya setelah packing lebih oke lagi biar kita yakin beratnya sesuai peraturan. Jangan koper atau ransel segede gaban nekat mau kita bawa ke cabin, bisa ditolak masuk baru nyaho loh suruh bayar bagasi on the spot yang biasanya pasti lebih mahal di banding pesan jauh hari barengan pesen tiket.

Selain itu perhatikan cairan apa aja yang kita bawa, semuanya beli/masukkan dalam kemasan paling kecil. Semua maskapai melarang penumpangnya memasukkan cairan apapun lebih dari 100ml ke dalam cabin. Kecuali kalo bawa koper dan di masukin ke bagasi pesawat, itu gak masalah.

Tips terakhir sebelum saya udahin nulisnya, sesekali cek lah situs resmi maskapai yang kita pakai, cek info apa aja yang ada dan yang penting cek peraturan yang pasti mereka punya untuk penumpangnya, 1 hari sebelum berangkat wajib untuk kita cek lagi, jaga-jaga ada perubahan, kita gak pernah tau apa yang terjadi dan akan dijelaskan karena kita bukan admin media sosialnya.

Untuk berbagai tips seputar traveling lainnya yang tentu sangat bermanfaat bisa cek salah satu travel blog favorite saya punyanya Mbak Dina mas Ryan si couple backpacker sejati di http://www.duaransel.com/

Ok, mari packing. Liburan menanti kita. Mau kemana selanjutnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

최진혁 (CHOI JIN HYUK) - 다시 사랑한다 말할까 (Should I Say I Love Again) MV Emergency Couple

박시환 (PARK SI-HWAN) - 그때 우리 사랑은 (The Way We Loved) (응급남녀 OST) MV Emergency Couple

First Contract di Kapal Pesiar