Kerja di Kapal Pesiar? Why Not!!!

Ini salah satu kapal AIDA Cruises, perusahaan yg udah nerima saya
Hai hai..... apa kabar? Kali ini saya mau share pekerjaan yg menurut saya kece bingit, tetep ada hubungannya sama traveling kelas international, dan pastinya gajinya gede. Kapan lagi bisa jalan2 gratis keliling dunia dan dibayar pula. Yup, kerja di kapal pesiar. Alhamdulillah saya sudah diterima di perusahaan AIDA Cruises berbendera Jerman. Syarat2 utama pun sudah komplit, insyaallah tinggal nunggu schedule turun dan segera berlayar.

Saya melamar pekerjaan ini via jobstreet.com ke perusahan PT. Meranti Magsaysay. Info lengkap dan lowongan pekerjaan silahkan buka link ini.

Ternyata syaratnya gak segampang seperti melamar pekerjaan di darat, tapi juga gak susah2 amat kok. Yg sering jadi pertimbangan kenapa banyak orang hospitality gak mau ke kapal pesiar adalah karena modal awalnya yg cukup besar. Banyak dokumen yg diperlukan sebagai syarat. Di postingan ini saya bakal share dokumen apa aja yg dibutuhkan dan gimana syarat dapetinya. Dengan kata lain, ada syarat untuk dapetin syarat. Sama siap2 tenaga untuk banyak mondar mandir ke berbagai institusi untuk dapetin syaratnya itu. Kalo ditotal, saya sendiri sudah mulai prosesnya dari februari 2014, sudah lebih dari setahun. Mulai dari interview dengan agent sampe 3 lapis, trus harus nunggu lg 3 bulan buat interview sama user yg dateng langsung dari Jerman. Berikut urutan lengkap prosesnya:

-Interview sama reception (screening kemampuan bahasa inggris, kalo belepetan ya sory anda gagal)
-Interview sama recruitment staf (ini saatnya deal posisi kerja dan pertanyaan detail seputar latar belakang kita, jangn lupa tanya salary sama dia)
-Background check (ini salah satu yg menentukan karena mereka bakal cek track record kerjaan kita sebelumnya dgn telpon langsung boss kita di tempat sebelumnya)
-Interview sama recruitment manager (dia orang Filipina, pastikan komunikasi kita nyambung dalam berbahasa inggris)
-Marlin test (ujian bahasa inggris secara online dgn nilai minimum 70%, tapi bisa juga poses ini di skip tergantung keputusan agent)
-Interview user (HR dari vessel yg datang langsung ke Jakarta dari negara asalnya)
-Medical check up (ada bbrp syarat kesehatan yg gak dikasih tau ke kita, hanya pihak RS dan agent aja yg tau hasilnya)
-Training familiarization (kata lain training orientasi sebelum ke kapal, jadi pas naik udah tinggal kerja)
-Lengkapin dokumen (buat yg baru mau naik, ini massa paling buang duit, waktu & tenaga)
-Get schedule (biasanya di telepon agent, maksimal sih sebelum 3 bulan harus udah dapet)
-Ngurus visa (tergantung port, ada beberapa negara yg bebasin visa untuk passport Indonesia)
-Second medical (biasanya diminta minimal 15 hari sebelum keberangkatan)

Jarak satu tahap ke tahap lainnya gak bisa kita tentukan, semua akan terjadwal dari pihak agent. Jangan resign dulu sampe disuruh untuk resign. Untuk pekerja hospitality insyaallah bisalah atur schedule kerjaan dan off saat weekday, gak terlalu banyak kok.

Nah selanjutnya apa aja sih syarat-syarat yg dibutuhin? Dokumen apa aja yg harus disiapin? Untuk aplikasi awal, dokumen yg diserahin sama seperti kirim dokumen dasar saat mau melamar pekerjaan lain pada umumnya, jika ada yg dibutuhkan atau kurang nanti pasti akan diberitahu pihak recruitment. Jadi ga usah dipusingin dulu pada tahap awal sampe tahap kita sudah training.

Nah di akhir sesi training akan ada pihak agent yg akan menjelaskan secara rinci dokumen aapa aja yg harus kita siapkan agar bisa berangkat ke kapal pesiar. Biasanya antara posisi pekerjaan atau antar vessel itu berbeda-beda syaratnya sesuai SOP perusahaan masing-masing. Saya bakal jelasin dokumen-dokumen apa aja yg dibutuhin sebagai cabin steward untuk kapal AIDA Cruises.

- Yang dibutuhkan segera selesai training
1. BST (Basic Safety Training)
2. SAT (Security Awareness Training)
3. CCM (Crowd & Crisis management)
4. SKCK (Surat Keterangan Catatan kepolisian)
5. Seaman Book
6. Passport
7. Yellow fever Vaccine

- Yang diurus setelah mendapat schedule
1. Police Clearance (SKCK dari Mabes Polri)
2. SID (Seaman Identity)
3. Visa (Tergantung port awal yg kita tuju)

Yg gak kalah penting, siapin pas foto ukuran 3x4, 4x6 dan 5x5 dalam jumlah cukup banyak dengan mengunakan kemeja putih + dasi hitam tanpa jas dan background biru. Banyak syarat untuk mendapatkan dokumen yg pasti membutuhkan pas foto.

Oia, selesai masa training kita dikasih dateline untuk mengumpulkan dokumen inti ke agent maksimal 4 bulan. Lewat dari itu, saya gak tau apa yg bakal terjadi selanjutnya, sayang kan kalo sampe sia-sia perjalanan jauhnya.

To be continue.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

최진혁 (CHOI JIN HYUK) - 다시 사랑한다 말할까 (Should I Say I Love Again) MV Emergency Couple

박시환 (PARK SI-HWAN) - 그때 우리 사랑은 (The Way We Loved) (응급남녀 OST) MV Emergency Couple

First Contract di Kapal Pesiar